HOW TO INSTALL PANDORA FMS 5.0 IN VM WARE (indo version)

Halo sobat APM kali ini admin akan memberitahukan tentang cara install pandora fms di vm ware tapi ingat file nya harus berupa vm ware jadi langsung load aja

simak baik baik ya ...............

Pandora FMS, sebenarnya saya sudah lama mendengar perangkat lunak yang satu ini, namun baru bulan September 2017 ini saya bersempatan untuk mencicipinya karena adanya kebutuhan kantor. Mungkin teman-teman banyak yang telah mengenal perangkat lunak monitoring lain seperti Zabbix atau Nagios. Tetapi kebetulan diantara semua sistem monitoring saya baru mencoba Pandora FMS, jadi saya tidak akan membandingkan dengan perangkat lunak monitoring yang lainnya yaa ?.

Sekilas Pandora FMS

 

Seperti sudah saya jelaskan bahwa Pandora FMS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk monitoring. Karena bagaimana pun monitoring itu adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan dari dunia Infrastruktur TI. Pandora FMS sendiri dikeluarkan oleh perusahaan yang bernama Artica. Perusahaan ini berasal dari Spanyol dan tampaknya dia cukup kuat juga mengincar pasar Spanyol, karena beberapa dokumentasinya masih banyak yang “bocor” menggunakan bahasa Spanyol.

Fitur & Lisensi Pandora FMS

Sebuah sistem monitoring tidak ada yang benar-benar gratis kecuali The Dude dari MikroTik (CMIIW), maka dari itu tentu akan ada lisensi yang berlaku. Begitu juga dengan Pandora FMS, memiliki lisensi untuk penggunannya. Berikut adalah sebagian data perbedaan dari masing-masing versi lisensi yang saya ambil dari www.pandorafms.com

Tampilan Pandora FMS

Elegan, itulah kata yang cocok bagi aplikasi monitoring gratis ini. Memang banyak orang yang bilang bahwa jangan menilai sesuatu dari penampilannya, tetapi pepatah tersebut tidak berlaku bagi aplikasi ini. Dengan tampilan bawaan yang dibalut warna dasar hijau, abu-abu, dan putih membuat aplikasi ini enak dipandang dan out of the box dari tampilan aplikasi Monitoring yang pernah ada sebelumnya. Tersedia juga tema yang bisa kita gunakan juga tampilan default kurang menarik. Namun dari ke-3 tema yang disediakan bagi saya tetap yang default yang paling bagus.
Tata letaknya telah disesuaikan dengan baik sehingga efektivitas dalam hal pekerjaan menjadi lebih mudah. Menurut keterangan dari situs resmi tata letaknya ini bisa diubah namun hanya tersedia pada versi NMS dan Enterprise, jadi yang pakai versi Community nikmati saja yaa ?. Namun kalau saya sendiri menilai tata letaknya sudah bagus ?

Pandora FMS Community

Seperti saya jelaskan bahwa aplikasi monitoring ini memiliki 3 versi dan saya hanya membutuhkan versi yang gratis alias Community. Rata-rata perangkat lunak berbayar memang menyediakan versi Community yang digunakan untuk sekedar ngoprek atau bisa juga produksi. Namun untuk produksi tampaknya tidak akan terlalu powerfull karena beberapa fitur dimatikan atau dibatasi.
Untuk mengunduh versi Community ini teman-teman bisa mengakses www.pandorafms.org. Di alamat tersebut tersedia banyak pilihan yang bisa kita unduh namun bukan berarti kira harus mengunduh semuanya. Sesuaikan dengan Sistem Operasi yang akan digunakan sebagai Server. Atau kalau teman-teman tidak mau susah bisa langsung unduh yang CentOS Appliance ISO, ini merupakan sistem operasi CentOS yang di dalamnya sudah berisi Pandora FMS yang “siap pakai“.

berikut cara intsalnya 
1.pastikan kamu punya file pandora fms yang bisa di load di vm ware download di situs resminya tapi admin kali ini menggunakan pandora fms 5.0
 
 2.pastikan juga kamu punya software vm ware jika tidak download aja di google banyak ....hehe 

3. buka vm ware lalu klik open virtual machine
4. setelah itu cari file nya 

 5. Lalu klik open dan langsung power on this machine 
6.setelah di jalankan tunggu aja loading nya dan tara...... sudah selesai tinggal login ke pandora fms console
7. setelah itu login dengan user: admin  paswordnya : pandora
8. selesai tinggal seting aja sob  tunggu part selanjutnya yahhh
jangan lupa untuk like dan coment jika suka (:





Previous
Next Post »
Thanks for your comment